10 Mei 2009

WaNitA PinTaR taK haRus PerCaya MiToS

Menstruasi membuat tubuh menjadi lemah.
FAKTA: Hasil penelitian menyebutkan bahwa darah menstruasi yang keluar banyaknya kira-kira hanya 50-150 mililiter atau sekitar empat sampai enam sendok saja. Jadi tidak benar kalau tubuh akan menjadi lemas hanya karena Anda sedang menstruasi.

Sedang menstruasi = sedang sakit
FAKTA: Justru sebalinya, menstruasi adalah proses alami yang dialami oleh setiap wanita produktif. Menstruasi berarti wanita tersebut sehat dan sistem reproduksinya bekerja dengan normal sebagaimana mestinya.

Ingin menstruasi lancar? Sering-seringlah minum soft drink
FAKTA: Banyak yang percaya selain dapat memperlancar keluarnya darah, minum soft drink juga dapat mengurangi rasa sakit perut. Sebenarnya belum ada penelitian khusus mengenai hal ini. Sakit tidaknya perut saat menstruasi atau lancar tidaknya darah menstruasi yang keluar semua itu dipengaruhi oleh hormon serta faktor psikis seseorang.

Memakai pembalut saat menstruasi bisa menyebabkan kemandulan.
FAKTA: Secara medis justru pembalut merupakan metode perawatan selama masa menstruasi agar tetap bersih dan tidak lembab. Pada dasarnya semua pembalut itu sehat, tetapi sebagian perempuan ada juga yang mengalami alergi dan iritasi. Hal ini tergantung dari sensitivitas organ kelamin perempuan yang masing-masing orang berbeda. Disarankan agar saat menstruasi untuk sesering mungkin mengganti pembalut (idealnya setiap 4 jam) terutama ketika sedang banyak-banyaknya keluar darah haid dan setelah buang air kecil atau besar.
Saat menstruasi dilarang berenang
FAKTA: Selama memakai pembalut dan tidak merasa risih, berenang saat menstruasi boleh-boleh saja dilakukan. Dan ini sama sekali tidak berpengaruh pada kesehatan. Sebagai saran, jika perut merasa kram, barulah hentikan aktifitas berenang.

Haid yang normal itu lamanya pasti seminggu
FAKTA: Tentu saja pendapat ini salah! Setiap wanita pasti memiliki masa haid yang berbeda dan tidak selalu harus tujuh hari. Wanita yang memiliki masa haid tiga, empat atau lima hari masih dianggap normal.

Jangan minum es saat menstruasi
FAKTA: Sesungguhnya air dingin tidak memiliki efek apapun saat menstruasi. Terutama efek menghambat aliran darah. Selama tidak merasakan sakit ataupun perut kembung, minum air es sah-sah saja kok�

Bagaimana, apa masih mau percaya mitos?

narasumber pembalut wanita

1 komentar:

  1. Mau nambahin nih, klo aq jujur, justru tiap menstruasi tuh ga pernah mau minum soft drink, bukan karena mitos ato apa, yg aq tau soft drink tuh emg mempercepat keluar darah menstruasi, tp tidak semuanya, bahkan bisa menyisakan darah di rahim, itu yg bahaya..
    Klo mitos keramas saat menstruasi, aq dapat dari dokter, emg dianjurkan jangan, soalnya klo lg menstruasi fisik qta kan lg lemah, klo kepala qta disiram dengan air dingin , bisa menyebabkan qta sakit/masuk angin.
    Gitu aja tambahannya klo yg ga setuju boleh di kasih komen lg...

    BalasHapus

aDa saRan...PleasE kaSih KoMen KamU diSiNi yaK

berita komunitasccers